Mengapa Public Speaking itu Penting?

Menjadi Ekspresif dengan Public Speaking Bermanfaat bagi Perkembangan Anak Anda

1 # “Pandai Berkomunikasi”

Mampu mengatakan suatu hal secara langsung (straight to the point) adalah kelegaan besar bagi anak Anda dalam mengutarakan apa yang mereka rasakan, terutama ketika begitu banyak pengalaman emosional yang terjadi dalam diri mereka sendiri. Lalu, sebagai orangtua dan guru kita mungkin beranggapan bahwa mereka membuat Anda frustasi karena bersikap tak bertanggung jawab dan tidak sopan dengan bagaimana mereka bersikap… namun ingatlah—bahwa ada sebab dan akibat dibalik semua ini.

Saat Anda membaca ini, Anda sedang mengalami hal serupa yang terjadi pada SETIAP orangtua dan guru manapun di planet bumi maka apa yang perlu dipahami adalah fakta bahwa anak-anak ini sesungguhnya merasa tidak nyaman karena mereka ingin mengutarakan semuanya dalam seketika, alasan mereka melakukannya adalah karena mereka sedang mempelajari Konsep Dirinya masing-masing (walaupun lumayan “abstrak”)

Ini seperti halnya merangkai bagian-bagian dari sebuah puzzle utuh, kok.

 

Pengetahuan Public Speaking memberi peningkatan pada buah hati Anda seiring mereka mempelajari diri mereka lebih baik lagi, mengurangi tekanan dengan mampu menyalurkan ketidaknyamanan (marah, sedih, dll.) melalui cara-cara yang layak, untuk mampu melihat persoalan dan solusi dengan lebih jelas lagi, dan yang teramat penting untuk mampu mengekspresikan diri mereka pribadi, secara utuh apa adanya.

2 # “Merasa Nyaman”

Ayolah, jujur saja, para orang tua dan guru di sekolah lebih memilih berkomunikasi dengan anak-anak yang menunjukkan sikap santun dan lebih memiiki tanggung jawab, hal itu juga lebih diterima di masyarakat umum. Namum fakta gamblangnya adalah siapapun yang berada dalam kondisi tubuh, pikiran dan yang sehat jiwa tentu juga akan merasakan hal yang sama… mereka menyebarkan energi positif. Maka apa saja yang dibutuhkan anak Anda untuk berada di kondisi yang sama? Mereka butuh untuk mengetahui bahwa it’s ok” untuk menjadi diri mereka sendiri.

Dikutip dari blog Indah Soekotjo (Professional Image Trainer), menurut Brian Tracy terdapat tiga kunci utama dari Konsep Diri:

  • Self Ideal (Diri Ideal)
  • Self Image (Citra DIri)
  • Self Esteem (Jati Diri)

Bermula dari Self Esteem maka anak-anak dan remaja semakin antusias untuk menerima panduan tentang bagaimana membuat rencana-rencana dalam hidup, tahap demi tahap.

3 # “Cerdas Dalam Kehidupan Sehari-hari”

Penuh ketulusan dan unik apa adanya! Mereka mampu tampil berekspresi di bidang-bidang yang mereka sukai dan juga kuasai tanpa perlu merasa ragu untuk mengembangkan potensi-potensi terbaik mereka.

Mengapa? Karena sekedar menjadi pintar atau teramat fasih berbicara dengan sopan saja tidaklah cukup, diperlukan keseimbangan antara sikap dan perilaku disertai elemen-elemen lainnya yang menjadi karisma utama yang menyertai mereka seiring mereka terus bertumbuh.

Advertisements
Tagged , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Advertisements
%d bloggers like this: